Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Harus Terpenuhi

Posted: October 29, 2016 in Wanita
Tags:

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Harus Terpenuhi

Bayi yang dideteksi menderita anemia umumnya memang memerlukan gizi tambahan guna mencukupi zat besi yang dibutuhkan tubuhnya. Selain ASI, bayi dengan anemia prematuritas ternyata juga membutuhkan tambahan susu formula sebagai penghasil besi tambahan.

Selain akibat pengambilan darah tes laboratorium yang dilakukan oleh paramedic, faktor bawaan dari sang ibu yang memiliki penyakit anemia juga disinyalir menjadi pemicu anemia pada sang bayi. Untuk itu, asupan makanan yang dikonsumsi ibu hamil harus dijaga guna menghindari bayi menderita anemia.

Anemia defisiensi besi pada umumnya disebabkan oleh faktor kekurangan gizi pada ibu ketika hamil, penyerapan makanan yang kurang baik, cepatnya pertumbuhan bayi, infeksi menahun pada ibu, atau penyakit yang menyebabkan penghancuran sel darah merah. Selain itu, paparan polusi berlebihan yang masuk ke dalam tubuh bayi yang baru lahir juga bisa menggeser kadar besi dalam tubuh bayi. Walaupun anemia pada bayi tidak sampai menyebabkan kematian, pertumbuhan bayinya terganggu. Salah satunya adalah perkembangan otak yang membuat intelegensia mereka ketika dewasa menjadi rendah.

Untuk itu, ibu hamil dihimbau untuk menyadari betapa pentingnya mengonsumsi makanan bergizi. Selain dapat menghindari bayi terkena anemia ketika lahir, hal ini juga dapat menghindari bayi terlahir premature dan lahir dengan kondisi sehat karena kebutuhan gizi mereka saat dalam kandungan terpenuhi dengan baik.

Hal ini penting bukan hanya untuk ibu hamil, melainkan juga untuk semua perempuan yang nantinya berencana untuk mempunyai keturunan. Mengingat anemia juga bisa ditularkan ibu kepada bayi yang dikandungnya. Penting agar ibu menjaga asupan besi untuk menghindari anemia agar tidak diturunkan kepada bayi yang baru lahir nantinya.

Republika 13 November 2015

Koleksi kain tenun tapis terlengkap di www.rumahtapis.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s