Menjaga Kebersihan Air

Posted: April 30, 2017 in Sains

Air merupakan tempat berkembang bagi beberapa serangga yang merupakan penularan penyakit. Air yang merupakan salah satu unsur alam yang harus ada di dalam lingkungan manusia akan menjadi media yang baik bagi serangga untuk berkembang biak. Beberapa penyakit yang disebarkan oleh serangga antara lain: malaria, yellow fever, dengue, trypanosomiasis,. Nyamuk Aedes Agypti yang merupakan penular penyakit demam berdarah berkembang biak dengan mudah bila dilingkuangan tersebut terdapat air.

Asal mulanya air itu bersih, dapat digunakan untuk bersuci atau membersihkan segala sesuatu dari kotoran dan untuk minum bagi individu, keluarga, masyarakat maupun lingkungan. Akan tetapi kemudian air bersih itu tercemar, tidak bersih lagi seperti asal muasalnya disebabkan oleh perilaku manusia. Tercemarnya air merupakan gejala rusaknya ekosistem dan kelestarian alam, bahkan terancamnya kehidupan manusia.

Firman Allah Ta’ala, “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatannya, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Rum: 41)

Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa timbulnya berbagai penyakit yang menimpa manusia disebabkan karena air tidak bersih adalah peringatan Allah kepada manusia agar kembali ke jalan yang benar, yakni memelihara kebersihan air agar kembali kepada fungsinya sebagai sumber kehidupan.

Sumber:

Air, Kebersihan, Dan Kesehatan Lingkungan Menurut Ajaran Islam, Majelis Ulama Indonesia: 1995

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s