Sudah merupakan ketentuan Ilahi, semua ibadah dalam Islam menyimpan berbagai hikmah yang mulia. Hikmah itu ada yang bersifat lahir, bisa diketahui setiap mukmin, dan ada pula yang tersembunyi, hanya diketahui oleh orang-orang alim yang mendalam ilmunya.

Haji termasuk ibadah yang hikmahnya bisa dilihat secara kasat mata, seperti pengorbanan dengan harta dan jiwa, kepedulian pada sesame, dan lain sebagainya. Selain itu, haji pun memiliki banyak hikmah yang sulit kita indra.

Haji mabrur atau diterima oleh Allah Ta’ala adalah haji yang dilaksanakan secara sempurna dengan memenuhi semua syarat, wajib, dan rukunnya. “Barangsiapa yang melakukan ibadah haji karena Allah kemudian tidak berkata kotor dan tidak melakukan perbuatan fasik atau durhaka, ia akan pulang tanpa dosa sebagaimana ketika ia dilahirkan ibunya. (Muttafaq Alaih)

Ibadah haji bila ditunaikan dengan syarat, rukun, wajib, dan sunnahnya secara baik akan menghasilkan muslim bertakwa yang mencerminkan keindahan dalam semua sepak terjangnya.

Sasaran utama haji adalah membersihkan diri dari syirik dan perangai tercela, menghiasi diri dengan akhlak terpuji serta membekalinya dengan takwa.

Hikmah lainnya adalah mempererat persaudaraan, baik dari aspek social, politik, ekonomi dan agama. Islam adalah agama ukhuwah dan kesatuan; akidah, perasaan, dan pendapat.

Semua manasik yang disyariatkan dalam haji merealisasi ukhuwah Islamiyah. Setiap jamaah yang berihram berpakaian sama, tidak ada perbedaan.

Ibadah haji memberikan peringatan abadi kepada setiap muslim bahwa mereka adalah umat yang satu.

Meski ibadah haji bisa diselesaikan dalam tiga hari, Allah memberikan waktu cukup panjang, yaitu Syawal, Dzulqadah, dan Dzulhijjah, supaya umat Islam menyaksikan berbagai hikmah dalam ibadah haji.

Prof. Dr. Achmad Satori Ismai, Republika, 16 Oktober 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s