Petunjuk Nabi Dalam Mengobati Jerawat

Ibnu As-Suni menyebutkan dalam kitabnya riwayat dari salah seorang isteri Nabi yang menceritakan, “ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menemuiku, saat itu di jariku tumbuh semacam jerawat. Beliau bertanya, ‘Engkau punya minyak wangi dzarirah?’ Aku menjawab, ‘Punya.’ Beliau berkata, ‘Bubuhkan di jerawatmu itu, lalu ucapkan doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawat yang ada pada hamba.’”

Dzarirah sendiri sebenarnya adalah obat India (berbentuk wewangian) dibuat dari sari batang pohon dzarirah. Sifatnya panas dan kering, berguna meredakan radang lambung, lever, dan kekurangan cairan tubuh bahkan juga bisa menguatkan jantung.

Dalam Sahih Bukhari dan Muslim, diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu bahwa ia menceritakan, “Aku membubuhi minyak wangi kepada Rasulullah dengan kedua tanganku dengan minyak dzarirah, pada Hajjatul Wada’ untuk melakukan tahallul dan ihram.”

Jerawat adalah sejenis benjolan kecil terdiri dari semacam zat panas dan tumbuh secara alami. Biasanya menghinggapi suatu bagian tubuh, perlu ditunggu agar agak matang, baru dipecahkan dan dikeluarkan isinya. Dzarirah mengandung khasiat untuk melakukan proses itu. Ia bisa mematangkan dan mengeluarkan isi jerawat, di samping juga memberikan aroma yang wangi. Obat ini dapat mendinginkan panas jerawat.

Metode Pengobatan Nabi, Ibnu Qayyim, Griya Ilmu: Jakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s