Tumbuhan: Penyehat Udara Bumi

Tidak diragukan lagi, betapa tumbuhan mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses yang mengantarkan bumi siap dihuni oleh makhluk hidup. Betapa tidak, karena oksigen yang merupakan produk fotosintesis tumbuhan, diketahui pula berperan besar dalam membersihkan udara, membuat suhu udara relatif konstan serta menyeimbangkan proporsi gas di atmosfir. Menurut ilmuwan, seluruh oksigen yang ada di bumi yang digunakan dalam proses pernapasan dan pembakaran, hadir dari proses fotosintesis.

Proses peranan oksigen, dalam membersihkan udara, mengkonstankan dan keseimbangan gas di udara adalah:

  • Oksigen produk fotosintesis tumbuhan yang dilepaskan oleh tumbuhan ke udara, akan diisap oleh manusia dan makhluk hidup lainnya untuk bernafas. Menurut ilmuwan, sekitar 30% dari oksigen yang ada di udara dihasilkan oleh tumbuhan darat. Sedangkan sisanya dihasilkan oleh tumbuhan dan alga bersel satu di lautan. Salah satu ayat Alquran yang menjelaskan adanya pelepasan oksigen dengan ungkapan berikut, “yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu. (Yasin: 80)

Dalam ayat di atas ‘kayu yang hijau’ tentu penggunaan kata kayu lebih dipahami karena mereka dapat menggunakan kayu kering untuk kayu bakar sehingga mengeluarkan api, tapi lain halnya dengan ilmuwan. Allah seolah memaksa para ilmuwan untuk berpikir fenomena alam, menggali lebih dalam bukti eksistensi Allah melalui temuan ilmiah. Baru pada abad 21, manusia mulai berpikir bahwa interpretasi api itu sebagai oksigen. Ini berarti fotosintesis yang terjadi pada pohon yang hijau (klorofil) akan menghasilkan oksigen (api).

  • Pada waktu bernafas, mahkluk hidup menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Karbon dioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan ternyata sangat dibutuhkan tumbuhan untuk membuat makanan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s