Obat Hati, Bagi Mereka yang Merasakan Kegersangan Hidup

Posted: March 6, 2018 in Ibadah
Tags: , , , , , , , , , , , ,

Manusia modern dikenal dengan sosok ambisius dalam mengejar uang, property, jabatan, karir. Mereka cenderung menghabiskan kebanyakan waktunya untuk meraih hal-hal yang bersifat materi. Akibat ambisi yang berlebihan terhadap materi tersebut, manusia modern menjadi lupa untuk memenuhi kebutuhannya yang bersifat non materi pada dirinya. Maka tak heran jika banyak manusia modern yang mengalami stress, kecemasan, dan keputusasaan. Tak sedikit dari manusia modern yang memutuskan untuk bunuh diri akibat tekanan hidup yang begitu berat dan datang bertubi-tubi. Padahal jika secara lahiriah, mereka yang memutuskan bunuh diri itu memiliki harta yang berlimpah, memiliki popularitas, dan sehat fisiknya.

Jika melihat fenomena gangguan jiwa dan bunuh diri yang kian marak tersebut, manusia modern harus lebih perhatian lagi pada kebutuhan rohaninya. Sebab kenyataannya, kekayaan yang melimpah, popularitas, jabatan yang tinggi, tidak menjamin kehidupan mereka menjadi bahagia.

Sebagai seorang muslim, maka sumber nutrisi rohaninya sangatlah mudah didapat. Nutrisi rohani yang paling utama seorang muslim adalah ibadah. Dan ibadah yang harus prioritas dikerjakan adalah yang sifatnya wajib (dosa kalau ditinggalkan), seperti solat wajib 5 waktu, puasa bulan Ramadhan, zakat, dan haji bila mampu. Selain ibadah yang wajib, seorang muslim dapat menambah ibadahnya dengan ibadah yang sifatnya Sunnah (jika dikerjakan mendapat pahala, jika tidak dikerjakan tidak apa-apa (tapi rugi kalau tidak dikerjakan :)). Ibadah Sunnah yang bisa dikerjakan antara lain, zikir pagi-petang, solat duha, solat tahajud, berinfak, dan banyak-banyak menyambung silaturahmi dengan teman-kerabat.

Seorang muslim juga dapat mengisi waktu disela-sela aktivitasnya dengan banyak berzikir. Zikir merupakan salah satu ibadah yang sangat mudah dikerjakan, namun sayangnya banyak orang yang malas dan lalai untuk melakukannya. Ketika Anda sedang mengendarai mobil atau motor misalnya, Anda bisa sambil berzikir.

Perbanyaklah istighfar agar hati Anda lapang dan keberkahan mengisi hidup Anda. Jangan pula lupa perbanyak melafazkan surat Al-Ikhlas supaya hati Anda hanya bergantung hanya pada-Nya. Inti dari surat Al-Ikhlas adalah tauhid, hanya pada-Nya kita berserah dan menggantungkan nasib, bukan pada orang, jabatan, maupun harta. Ketika Anda hanya bergantung pada Ash-Shomad, maka hati Anda akan menjadi tenang, meskipun secara lahiriah, Anda sedang kekurangan harta, sakit, atau dilanda ujian lainnya. Semakin banyak membaca surat Al-Ikhlas dan merenungkan maknanya, Anda akan merasa bahwa dalam hidup ini yang dibutuhkan hanya ketergantungan dan berharap pada Sang Pencipta. Lakukan zikir secara rutin dengan frekuensi yang massif, misal 100, 500, 1000 hingga Anda lelah, maka tidak ada kegelisahan yang perlu ditakuti, kecuali ketakutan akan bermaksiat pada-Nya.

Rutin membaca Al-Quran juga penting untuk kebutuhan rohani Anda. Namun jangan sekedar dibaca, jadikan pula Al-Quran sebagai petunjuk hidup Anda. Ketika Anda bingung bagaimana seharusnya menjalani hidup dan apa tujuan hidup, maka carilah jawabannya di dalam Al-Quran.

Saat Anda merasa bahwa hidup Anda berantakan, maka solatlah. Perbaiki solat, maka hidup akan berjalan semakin baik. Solatlah tepat waktu, di masjid, dan berjamaah. Jika keinginan Anda ingin cepat-cepat dikabulkan, maka cepat-cepatlah ke masjid ketika azan berkumandang, jangan ditunda-tunda. Bagaimana Allah akan cepat mengabulkan permintaan Anda, jika ketika Dia memanggil Anda ke masjid, malah Anda menunda-nunda untuk berangkat.

Semua ibadah akan memberi efek positif pada diri manusia jika dikerjakan dengan cara yang benar sesuai tuntunan Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam, ikhlas, dan rutin terus-menerus. Lebih baik sedikit namun dikerjakan rutin, daripada banyak tapi hanya sesekali. Lebih bagus lagi dikerjakan banyak dan terus-menerus. Silahkan mencoba dan rasakan khasiatnya dalam hidup Anda.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s