Who is Andi?

Orangtuaku menamai aku dengan Andi Rahmanto. Lahir sejak tahun 1987 dan tumbuh-kembang di Bandar Lampung. Kedua orangtuaku berdarah Yogyakarta, tulen. Jadi kalau orang-orang tanya tentang kesukuanku, aku suka bingung jawab apa, apakah aku orang Lampung atau orang Jawa? Ketika aku tinggal di Lampung, maka aku jawab aku orang Jawa. Tapi saat aku kuliah di Jogja, aku pun mengaku sebagai orang Lampung. Dan ketika aku kerja di Jakarta, aku menjawab kalau aku domisili di Lampung tapi keturunan orang Jawa. Benar-benar bikin bingung!

Aku menempuh pendidikan TK hingga SMA di Bandar Lampung. Setamat SMA, aku merantau ke Timur, menyeberang ke Pulau Jawa untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Sempat belajar di Padepokan Padjadjaran, namun tak betah dan hanya bertahan setahun. Lalu aku pergi ke Jogja untuk berguru ke Padepokan Gadjah Mada. Selama 5 tahun aku belajar di padepokan itu, hingga akhirnya aku layak diberi gelar sebagai sarjana kebatinan (baca: psikologi).

Setelah 5 tahun berguru di Padepokan Gadjah Mada yang para pendekarnya dikenal sakti mandraguna, aku pun beralih ke fase hidup berikutnya, yaitu kerja, kerja, kerja! Sempat beberapa bulan bekerja di Jogja, namun kemudian aku kembali ke Lampung karena titah dari orangtua yang menyuruhku pulang. Delapan bulan di Lampung, nasib baik belum menghampiriku karena nyaris selama delapan bulan itu aku menjadi penganggur. Hidup tanpa pekerjaan, tanpa uang, tanpa aktualisasi diri, telah menjebakku ke dalam kondisi jenuh.

Seorang pemuda yang sehat, namun tak bekerja dan tak berpenghasilan, sungguh membuat jatuh harga diri. Jangankan untuk menghidupi orang lain, untuk menghidupi diri sendiri pun tak mampu. Tak ingin terpuruk lebih dalam lagi, naluri pengembaraanku pun hidup kembali. Aku harus merantau!

“Bertebaranlah kalian ke penjuru bumi untuk mencari karunia Allah,” begitulah firman Allah dalam surat Al-Jumu’ah ayat 10. Aku pun pamit pada orangtuaku untuk merantau ke Pulau Jawa, ke Jakarta. Kabarnya di Jakarta adalah pusat perputaran uang terbesar di nusantara, tentu pekerjaan lebih mudah diraih disana. Bahkan konon cerita, Jakarta adalah kawah candradimuka para profesional, ilmuwan, politisi dan pengusaha. Barangsiapa yang bisa menaklukkan Jakarta, maka ia akan menaklukkan nusantara! Alhamdulillah, aku mendapatkan pekerjaan di Jakarta. Apakah aku akan lulus dalam penggemblengan jiwa dan raga ditengah kerasnya ambisi dan kompetisi di Jakarta dan kelak unjuk gigi menjadi jawara nusantara? Kita lihat saja nanti.

Setelah 4 tahun bergelut dengan hiruk pikuk dan sesaknya kehidupan di Jakarta, dengan tabungan yang alakadarnya diiringi dengan doa yang tak putus-putus, aku memutuskan untuk meminang seorang perempuan, teman SMA ku dulu. #Temantapimenikah (ciee..uhuy!). Dengan segala kemudahan yang diberikan Tuhan, pernikahan itu berlangsung pada November 2017 lalu. Barangkali, rezekiku berupa istri, keluarga, saudara dan sahabat ada di Lampung, sedangkan rezeki berupa pekerjaan, turun di tempat yang lain. Dengan terpaksa, kami harus menjalani LDR (Long Distance Relationship). Meski LDR berat dihati, namun harus dijalani. Jika bus malam saja bisa antar kota antar propinsi, masa cinta tidak bisa antar kota antar propinsi? Jalani saja yang ada, sambil kedepannya terus memperbaiki nasib.

Lupakanlah siapa aku, karena itu sebenarnya tidak penting bagi kalian. Harapanku, kalian datang ke blog ini bukan untuk mengenal aku, tapi aku lebih ingin kalian menjadi lebih pintar, cerdas, bertakwa, berakhlak mulia dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Blog ini adalah sarana bagiku untuk mengemukakan uneg-uneg yang ada didalam pikiranku. Daripada uneg-uneg itu mengendap dan bikin pusing otakku, maka lebih baik aku ekspresikan saja dalam bentuk tulisan. Mengapa tidak diekspresikan dalam bentuk foto atau video? Karena aku tak pandai bergaya di depan kamera. Hanya untuk berfoto KTP pun, aku sudah mati gaya.

Blog ini bukan saja berisi tentang uneg-uneg pikiranku, tapi juga berisi informasi yang tentunya lebih bermanfaat bagi kalian semua. Jadi sangat sayang kalau kalian datang ke blogku hanya untuk membaca isi uneg-unegku, karena tak semua uneg-unegku berfaedah untuk hidup kalian.

Harapanku, jika ada artikel dalam blog ini yang menurut kalian bermanfaat, maka share-lah sebanyak-banyaknya ke teman, kerabat, tetangga, pembantu, pacar atau istri kalian. Setidaknya kalian berbagi pengetahuan dengan orang lain dan tentunya kalian akan mendapat pahala, Insya Allah.

 

Salam

 

 

Andi Rahmanto

Email: andirahmanto2807@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s